Kegunaan Task Manager Dan Cara Membukanya di Windows

Selamat malam sobat,,,

disini kita akan membahas tentang kegunaan dan cara membuka Task Manager Di Windows....
Sebelumnya saya akan memberikan informasi dulu apa itu Task Manager lalu nanti saya akan membahas tentang  cara membukanya serta kegunaan dari Task Manager tersebut...
baiklah langsung saja....
Task manager atau lengkapnya "Windows Task Manager"sebenarnya adalah aplikasi  yang menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer, menjalankan aplikasi, proses, penggunaan CP, informasi muatan dan memori, aktivitas jaringan dan statistik, log-in pengguna, dan sistem pelayanan. Biasanya untuk membuka aplikasi ini  kita menekan tombol Ctrl+Alt + Del. Tapi ada kalanya tombol kombinasi ini tidak bisa digunakan diakibatkan virus , diblokir administrator ataupun masalah lainnya.





Berikut saya merangkum beberapa cara yang biasa kita gunakan untuk membuka window task manager :
Pertama ,  Dengan menekan langsung tombol  Ctrl+Alt+Del. Pada windows XP kita akan langsung dibukakan task manager ketika menekan tombol kombinasi ini, Namun semenjak windows vista , pemenekanan pada tombol Ctrl+Alt+Del akan membawa ke jendela Windows Security yang menyediakan beberapa pilihan salah satunya adalah  task manager.

Kedua, Tekan tombol kombinasi Windows+R , lalu ketik "taskmgr" (tanpa tanda kutip) pada kotak dialog Run yang muncul, lalu tekan OK



Ketiga, Tekan tombol kombinasi Ctrl + Shift  +Esc pada keyboard, maka jendela task manager akan langsung terbuka.

Keempat,  Klik kanan pada taskbar , berikut pilih Start Task Manager . Maka jendela windows task manager juga akan langsung terbuka.

Kegunaan Dari Task Mnager ini Meliputi :
1. Melihat Proses yang sedang berjalan
    Melihat informasi tentang proses yang sedang berjalan di Task Manager bukanlah sulit. Karena memang informasi itu yang pertama ditampilkan saat pertama kali membuka programnya. Pada tab Processes, bisa dilihat penggunaan sumber daya yang digunakan setiap program yang berjalan. Seperti penggunaan CPU, RAM, Harddisk, dan Jaringan. Angka yang ditunjukkan selalu berbeda-beda. Untuk melihat informasi yang lebih detail, bisa dilakukan dengan cara memilih salah satu program, lalu pilih Go to details. Setelah itu, anda akan dialihkan secara otomatis menuju tab Details. Pada tab tersebut akan terlihat beragam informasi yang tidak ada pada tab processes. Jika ingin lebih detail lagi, anda bisa melihatnya “Open Resource Monitor” pada tab Performance.

2. Menutup Program
     Jika Task Manager mampu membuka program lain, maka sudah pasti Task Manager juga bisa menutupnya. Program yang ditutup melalui Task Manager, biasanya ada sedikit perbedaan. Karena, Task Manager cenderung melakukannya dangan paksa. Tapi, ini juga merupakan sebuah keuntungan bagi kita. Sebagai contoh, ada program yang mengalami “Not Responding”. Dalam hal ini, program tersebut sudah tidak merespon perintah dari kita. Maka, cara terbaik adalah menunggu atau menutupnya dengan paksa. Karena biasanya jika menunggu akan lama, jadi banyak orang yang memilih untuk menutupya secara paksa. Untuk melakukannya, buka tab Processes pada Task Manager, pilih aplikasi, lalu pilih “End task” pada pojok kanan bawah. Hal ini akan membuat program tersebut tertutup secara paksa.

3. Melihat Informasi Hardware Komputer
    Task Manager juga dapat menampilkan informasi tentang hardware yang tertanam pada computer kita. Kita bisa melihatnya pada tab Performance. Disana akan ditampilkan beberapa informasi. Misalkan jenis RAM yang digunakan, kecepatan prosesor, jenis prosesor, dan lain sebagainya. Pada tab ini juga ditampilkan informasi mengenai penggunaan dari hardware terkait.

dan masih banyak kegunaan lainnya, pada kesempatan kali ini itu saja dulu pembahasan kita,, mudah2an informasi yang sedikit ini bermanfaat bagi sobat semuanya....