Cara Standar Pemasangan Kabel UTP ( EIA/TIA 568A - 568B )

Cara Standar  Pemasangan Kabel UTP ( EIA/TIA 568A - 568B ),,  itu lah topik yang akan kita bahas pada kali ini,,, tanpa basa-basi yang panjang, langsung saja kita menuju ke pembahasan....
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel yang dipergunakan sebagai media transmisi jaringan Local Area Network (LAN). Kabel UTP termasuk kabel yang tidak memiliki pelindung dan memiliki rangkaian kabel yang saling terpilin satu dengan lain . Kabel UTP mempunyai beberapa categori tetapi yang lazim dipakai adalah kabel UTP categori 5 (UTPCat 5) yang mempunyai kecepatan transfer data hingga 100 Mbps. Kabel UTP Cat 5 terdiri atas4 pasang kabel berwarna atau 8 kabel tunggal.

EIA/TIA
       EIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Electronic Industries Alliance dan TIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Telecommunication Industry Association.
Maksud dari arti EIA/TIA adalah merupakan standarisasi internasional stuktur kabel untuk telekomunikasi.
Banyak yang menganggap EIA/TIA hanyalah standart untuk kabel jenis ethernet padahal EIA/TIA lebih global untuk telekomunikasi termasuk transfer voice suara (PABX).

Standard Pemasangan EIA/TIA 568B
    putih-orange
    orange
    putih-hijau
    biru
    putih-biru
    hijau
    putih-coklat
    coklat

Standard Pemasangan EIA/TIA 568A
    Putih hijau
    hijau
    putih orange
    biru
    putih biru
    orange
    putih coklat
    coklat

Berbicara mengenai kabel UTP tidak terlepas dari yang namanya kabel straight dan kabel cross.  selama ini banyak yang menganggap  standard EIA/TIA 568 B (yang awalnya putih-orange ,orange..... ) sebagai kabel straight
dan standard EIA/TIA 568 A (yang awalnya putih-hijau ,hijau ...) sebagai kabel cross. Ini sebenarnya salah kaprah

Urutan Kabel Straight
EIA/TIA 568 A  -------------------- EIA/TIA 568 A
EIA/TIA 568 B  -------------------- EIA/TIA 568 B

Contoh : pemasangan kabel utp straight mengikuti urutan B-B (ujung kabel yang satu urutan B dan ujungnya satu lagi juga B)
Aka tetapi jika kita memasang A-A juga tetap bisa tidak ada masalah, makanya standarisasi ini berguna untuk instalasi telekomunikasi seragam.

Urutan KabelCross
EIA/TIA 568 A  -------------------- EIA/TIA 568 B
EIA/TIA 568 B  -------------------- EIA/TIA 568 A

Sedangkan untuk pemasangan Crossover mengikuti A-B. Bagaimana jika B-A ? tetap urutan kabel akan kita sebut Crossover karena Crossover menghubungkan device yang sama.

Seiring berkembangnya teknologi permasalahan 568B dan 568A pada dasarnya tidak terlalu mutlak harus diikuti sebagai contoh jika anda membeli switch hub atau router disitu ditulis Auto Sensing atau MDIX itu mengartikan perangkat tersebut dapat menyesuaikan urutan kabel secara otomatis, jadi jika anda hanya salah pengurutan kabel maka perangkat tersebut akan menyesuaikan.

Sekian dan Terimakasih