Solusi Mudah Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Selamat sore sobat,,,
pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang solusi mudah mengatasi laptop yang sering mati sendiri,,  sobat mungkin pernah mengalami sedang main laptop tiba-tiba laptopnya  mati sendiri,  padahal laptop tersebut baru dihidupkan, setelah dihidupkan beberapa kali tetapi masih tetap  mati sendiri,,, jangan panik dan jangan frustasi dulu, mari kita bahas solusinya,,, hehehe
Beberapa permasalahan yang menyebabkan laptop sering mati sendiri dan solusi atau cara memperbaikinya...

1. Masalah pada RAM


RAM  adalah  tempat penyimpanan sementara,jika terjadi masalah pada  RAM seperti : RAM berdebu , tergores dan lain sebagainya, hal ini bisa menyebabkan  program di laptop tidak  berjalan seperti biasanya,
Untuk mengatasi masalah ini coba bongkar laptop,lalu lepaskan RAM, Perhatikan bagian berwarna kuning dibawah RAM (tembaganya) coba gunakan Karet Penghapus yang bersih lalu gosok dengan lembut bagian tembaga RAM sampai  tembaga pada RAM  lebih bersih.

2. Pasta Processor kering

Kalau masalah seperti ini cukup sering terjadi pada laptop yang sudah berumur (bertahun-tahun dipakai) atau terjadi pada laptop dengan pemakaian extreame namun tidak pernah ditambah pasta procesoornya ,  Akibat yang ditimbulkan dari pasta processor yang  kering adalah panas yang dihasilkan processor tidak dapat tesalurkan dengan sempurna ke heatsink sehingga mengakibatkan prosesor menjadi terlalu panas dan langsung laptop langsung mati  jika telah mencapai derajat panas tertentu.
 Solusinya gampang , tinggal bongkar laptop , buka heatsink , lalu oleskan pasta processor yang baru secara merata.  Sebaiknya bekas-bekas pasta processor yang lama dibersihakan dulu sebelum mengoleskan pasta processor yang baru.  Untuk pasta processor , sebaiknya gunakan yang berkualitas walaupun agak sedikit mahal.


3. Debu atau kotoran pada Fan / Kipas Pendingin


Sebenarnya masalah ini sering terjadi pada komputer PC, tapi bisa juga terjadi pada laptop. Hal ini akan menyebabkan laptop mengalami overheat (kelebihan panas) karena perputaran kipas tidak  maksimal akibat  terhambat debu atau saluran pembuangan angin tersumbat debu ( kotoran) yang  menumpuk.
 Solusi , bongkar laptop lalu lepas kan fan,  bersihkan  fan berserta saluran sirkulasi udara dengan menggunakan kuas ,  Selain itu tambahakan sedikit pelumas (bisa berupa minyak mesin) pada kipas agar kipas dapat berputar dengan maksimal


4. Sistem Operasi bermasalah

Kerusakan pada file system dalam sistem operasi bisa menyebakan program menjadi crash. Sehingga laptop bisa mendadak blue screen , bisa juga langsung mati.
Solusi paling gampang , inul aja :)  ups, install ulang maksudnya

5.Motherboard rusak


Untuk sementara saya sarankan  untuk membawa laptop anda ke tempat service resmi laptop. Jika ada kesempatan suatu saat nanti sayaakan  mencoba menuliskan beberapa tutorial untuk mengecak kondisi motherboard.

Sekian dulu pembahasan kita tentang cara singkat mengatasi masalah laptop sering mati sendiri,, semoga bermanfaat... =D =D