Pengetahuan Tentang RAM ( Random Access Memory )

Disini kita akan membahas sedikit tentang RAM ( Random Access Memory ) pada komputer atau laptop,, sobat mungkin ada komputer atau laptop di rumah, namun selama ini sobat mungkin  hanya sebatas menggunakannya saja, tanpa tahu apa saja yang membuat komputer sobat bisa berjalan dengan semestinya,, pada kesempatan kali ini kita akan bahas sedikit apa saja yang mendukung supaya komputer atau laptop sobat dapat berjalan dengan baik, salah satunyakita fokuskan pada RAM,,,
Selama ini banyak orang yang tidak memahai perbedaan antara SDRAM , DDR1 , DDR2 , DDR3 , DDR4 . Baiklah kali ini saya akan menerangkan perbedaan semuanya.
RAM (Random Access Memory) adalah perangkat yang  berfungsi sebagai alat penyimpanan data sementara yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan perintah pengguna komputer ketika menggunakan aplikasi. Jadi, pada dasarnya  fungsi dari memori ini adalah sebagai penghubung antara processor dengan hardware, dan aplikasi lainnya.


RAM tidak hanya digunakan  pada komputer saja tetapi juga digunakan pada  notebook ,  SmartPhone dan banyak perangkat elektronik lainnya.
Jika kita melihat pada sejarahnya , Perkembangan RAM dimulai dari perkembangan FPM  (Fast Page Mode) , lalu berkembang lagi menjadi  EDO  (Extended Data Out)  RAM.


Berikutnya pada tahun 1997 SDRAM diperkenalkan, dengan clock speed (kecepatan putaran) 66 MHz, SDRAM ini mampu menghantarkan data dengan kecepatan maksimal 533 MB/det. kemudian pada tahun 1999 RDRAM diperkenalkan, RDRAM lebih banyak ditujukan untuk atau user lain yang memang sangat membutukan memory berkecepatan tingg

Pada tahun 2000, DDR-SDRAM diperkenalkan. RAM ini merupakan inovasi daripada SDRAM di mana ia menjanjikan DDR yang kali pertama muncul, memang memiliki clock speed yang sama dengan SDRAM yaitu 100 MHz, tetapi meskipun sama kecepatan pengantaran datanya jauh lebih besar DDR. Hal ini disebabkan dalam satu putarannya DDR melakukan sekaligus dua pekerjaan (pengoperasionalan). Berbeda pada SDRAM yang hanya melakukan satu pengoperasionalan. Hasilnya: pada DDR dengan clock speed 100 MHz, data yang dihasilkan dapat mencapai 2,1 GB/det. Nilai inilah yang menjadi alasan mengapa DDR ini disebut DDR dengan tipe PC2100

Pada tahun 2004 di perkenalkanlah DDR2 SDRAM, Energi: DDR2 membutuhkan energi setengah lebih kecil dari energi yang dibutuhkan DDR biasa beroperasi, sehingga dapat mengurangi panas pada komputer. Apalagi pada notebook yang secara otomatis juga akan lebih menghemat baterai.